Thursday, December 16, 2010

herbal BELUNTAS

  Tanaman Beluntas

Beluntas mempunyai nama lain di beberapa daerah, untuk di sunda di kenal dengan nama baruntas atau baluntas, kalau di jawa sering di sebut dengan luntas sedang di makasar di kenal dengan lamutasa. Daun beluntas untuk masayarakat jawa di kenal sebagai sayuran (istilah jawa dibotok)yang bisa mengurangi bau badan sama seperti kemangi, namun daun yang mempunyai rasa getir dan aroma yang khas ini ternyata mempunyai manfaat yang lain selain bisa mengurangi bau badan.
Dalam daun beluntas terkandung alkaloid, flavonoid, tanin, minyak atsiri, kalsium, asam chlorogenik, natrium , magnesium dan fosfor

Karena khasiatnya, tanaman beluntas sudah sejak lama di jadikan sebagai bahan pengobatan tradisional, untuk memperoleh manfaatnya, berikut resep - resep tradisional dari tanaman beluntas yang bisa kita coba :

  • Mengobati Demam
Caranya : Seduh 15 g daun beluntas segar dengan air panas, diamkan sejenak kemudian minum airnya. Atau bisa juga dengan mengukus 100 g daun beluntas segar hingga matang yang kemudian di makan bersama nasi pagi dan sore.
Caranya : Rebus 15 g daun beluntas, 5 g buah pinang dan garam dapur seujung sendok teh dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya 2 kali sehari masing - masing 1 gelas.
  • Mengatasi Rematik
Caranya : Rebus 15 g akar beluntas yang sudah di cuci bersih dengan 3 gelas air sampai lunak. Selagi hangat makan akar tersebut, lakukan tiap hari untuk hasil maksimal.
  • Mengobati Keputihan
Caranya : Rebus 20 lembar daun beluntas, 4 potong temulawak kering, 4 ruas jari kunyit, seruas jari kencur dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari pagi dan malam hari masing - masing 1/2 gelas.
  • Mengobati Hipertensi
Caranya : Rebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya pula hingga mendidih, kemudian minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.
  • Mengatasi Haid Tidak Teratur
Caranya :  Tumbuk sampai halus 2 genggam daun beluntas, kemudian tambahkan 2 gelas air masak dan garam sebesar biji asam. Selanjutnya peras dan saring lalu di minum 3 kali sehari masing - masing 1 gelas.

KESIMPULAN KHASIAT TANAMAN BELUNTAS :
{menghilangkan bau badan/mulut,menurunkan panas,menambah nafsu makan,tbc kelenjar leher,nyeri pada rematik,sakit pinggang,dan demam}
semoga bermanfaat buat sobat warung blog ini,amin..

No comments:

HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......