Monday, December 20, 2010

herbal DAUN SENDOKAN

Lihat gambar ukuran penuh
Tanaman Sendokan ( Plantago major L)
Nama Lokal = Daun sendok (Jawa), Rumput Urat (Rejang) / Ki Urat (Sunda), Orik Pepah (Dayak Kendayan)
Tanaman sendokan merupakan tanaman herbasius merumput yang habitatnya di lereng gunung. Tanaman ini mudah berkembang biak karena bijinya mudah tumbuh di tanah lembab, dan dari batang merayapnya dapat tumbuh tanaman baru.
Manfaat tanaman sendokan adalah sebagai obat gangguan ginjal, kaki terkilir, penyakit mag, penyakit gatal-gatal, penyakit thypus , penurun panas, beri-beri basah, dan dapat digunakan sebagai sayuran. Untuk gangguan ginjal dan thypus , daun tanaman sendokan diambil 30 gram dan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan hingga tersisa satu gelas air. Satu gelas air tersebut diminum 2 kali sehari sebanyak 3 sendok makan tiap kali minum.
Untuk kaki terkilir, bagian yang digunakan adalah daun. Daun dimemarkan dan digunakan untuk memijit kaki yang terkilir.
Untuk penyakit mag, bagian yang digunakan adalah daun. Daun dirajang, kemudian dikeringanginkan. Untuk pengobatan, daun diseduh dengan air hangat.
Untuk penurun panas, bagian yang digunakan adalah daun. Daun dapat langsung digunakan dengan ditempelkan di kening, atau untuk hasil yang lebih maksimal daun ditumbuk terlebih dahulu.
Untuk gatal-gatal, ramuan I adalah seperempatgenggam daun sendok dan satu genggam daun sambiloto. Semua bahan dicuci hingga bersih, direbus dengan 500 ml air hingga tersisa sekitar 250 ml. Diminum dua kali sehari sebanyak setengah gelas setiap kali minum.
Untuk penyakit beri-beri basah, bagian yang digunakan adalah daun. Untuk pengobatan, daun ditumbuk dan dibalurkan di bagian yang sakit.
Ramuan II adalah batang brotowali 2 jari, daun sendok 2 lembar, rimpang temulawak 1 jari, dan air 3 gelas. Semua dibersihkan, direbus dengan air sampai mendidih. Setelah air tinggal 11/2 gelas, rebusan disaring. Diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

KESIMPULAN MANFAAT TANAMAN INI:
anti radang,antiseptic,peredah demam,peluruh kencing,peluruh dahak,obat batuk,penghenti pendarahan,menerangkan penglihatan.


demikian sobat warung blog ini,semoga dimanfaatkan tanaman sendokan ini.

No comments:

HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......