Monday, February 28, 2011

jawab ku di status fb ku,Status sen,28/02/2011


Saya percaya Tuhan lah yang memberikan kesadaran untuk memperbaiki situasi dan kondisi semacam ini. Kesadaran tidak tumbuh otomatis begitu saja. Kesadaran adalah hidayah yang diberikan-NYA sebagai bagian dari sifatnya Yang Maha Membangun dan Memperbaiki. Saat Anda menyadari kekeliruan dan kesalahan, saat itu pula harusnya engkau bergerak sesuai dengan kemampuan untuk meluruskannya. Itu artinya engkau bersyukur pada-NYA sudah diberi olehnya daya pertimbangan baik buruk benar salah. Saat engkau mendengarkan adzan, bersegeralah untuk wudhu dan melaksanakan sholat. Ini perintah! Dan perintah harus dilaksanakan suka atau tidak suka, paham atau tidak paham hakikatnya. Begitu seterusnya hingga akalmu akhirnya menemukan sendiri hakekat kenapa engkau harus melaksanakan sholat. Sama seperti hidup. Adalah kodrat alam ketika awal engkau hidup tidak tahu hakekat hidup.. saat kita bayi dan anak-anak tidak jadi soal kita tidak tahu hakekat hidup.. namun seiring usia yang berangkat senja, kita kemudian berpikir.. lha iya, hidup ini untuk apa ya? Kenapa saya dihidupkan? Apa bedanya hidup saya dengan hidupnya seekor ayam atau beda hidup saya dengan hidupnya pohon, matahari dan rembulan?
Akhirya, kita pun secara otodidak menjadi ahli hikmah.. menjadi ahli hakekat hidup karena kita sekian lama mengalami hidup dan kemudian merumuskan prinsip-prinsipnya. Maka, setiap prinsip, nilai dan falsafah hidup yang dianut setiap orang tidak pernah sama satu sama yang lain. Garis-garis tangan dan nasib setiap orang juga tidak pernah sama. Begitu pula proyeksi, mimpi dan cita-cita yang ingin diraih setiap orang. Namun secara universal, Tuhan tidak tinggal diam setelah melihat banyak manusia kehilangan peta. DIA Maha Kasih dan Maha Sayang sehingga membuat peta agar kita tidak salah arah. Itu adalah nilai-nilai abstrak umum dan universal yang berlaku dimanapun dan sampai kapanpun. Bersyukurlah pada hidup.

No comments:

HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......HIDUP BIKIN LEBIH HIDUP......